Manfaat Buah Semangka: Dari Daging Hingga Biji-bijinya

Kalau bicara buah semangka, kita cenderung memikirkan daging buah merah berair nan manis ketimbang manfaat buah semangka itu sendiri. Bahkan, tak sedikit dari kita yang dikibuli mitos kalau biji semangka yang tertelan bisa tumbuh di perut. Nyatanya, biji yang bertebaran tersebut menyimpan nutrisi yang tak kalah dengan daging buahnya.

Pada artikel kali ini, Anda akan dibawa pada informasi seputar khasiat buah semangka yang mungkin belum Anda ketahui. Setelah mempelajari berbagai manfaat semangka, Anda akan semakin suka dan lebih sering mengonsumsi buah tropis ini.

Kandungan Gizi Utama Buah Semangka

Tiap dua cangkir potongan semangka (280 gram) atau ΒΌ buah semangka mengandung:

  • Kalori: 80 kalori
  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 21 gram
  • Serat: 1 gram
  • Kolesterol: 0 mg
  • Gula: 20 gram
  • Kalium: 270 mg
  • Vitamin A: 30% dari asupan kecukupan gizi (AKG)
  • Vitamin C: 25% dari AKG
  • Kalsium: 2% dari AKG
  • Zat besi: 4% dari AKG

Berbagai Manfaat Baik Buah Semangka

1. Menghidrasi Tubuh dan Melancarkan Pencernaan

Kadar air di dalam semangka sangat tinggi. Faktanya, 92% keseluruhan buah semangka adalah air. Kandungan air yang besar ini membuat semangka jadi pilihan pangan yang baik untuk mengisi cairan tubuh. Jika kekurangan air, bahkan sedikit saja bisa membuat Anda menjadi lambat.

Tak sampai di situ, semangka juga mengandung elektrolit yang baik untuk mencegah tubuh dari kepanasan. Air yang tinggi dalam semangka juga dibekali nutrisi serat. Hal inilah yang membuat semangka jadi satu paket makanan yang baik bagi Anda yang sedang menjaga berat badan ideal.

Semangka yang kaya serat dan kaya air menjadi perpaduan yang hebat untuk pergerakan usus yang normal. Serat membentuk feses yang mudah dibuang, sedangkan air membantu sistem pencernaan agar bergerak efisien.

2. Untuk Kesehatan Jantung

Likopen yang tinggi di dalam semangka sangat efektif dalam menjaga sel dari kerusakan. Molekul ini juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah studi dari American Journal of Hypertension menemukan kalau ekstrak semangka dapat menurunkan hipertensi dan tekanan darah pada orang dewasa yang mengidap obesitas.

Semangka juga penting untuk wanita pada usia yang lebih tua. Sebuah penelitian dilakukan pada kelompok wanita pasca-menopause dengan pembuluh aorta yang kaku. Mereka yang mengonsumsi ekstrak semangka selama enam minggu mendapat penurunan di tekanan darah dan arterinya yang kaku. Buah berkulit hijau ini juga kaya asam amino bernama citrulline. Tipe asam amino ini membantu memindahkan darah melalui tubuh dan menurunkan tekanan darah. Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda dapat juga mengonsumsi Blackmores Odourless Fish Oil (Rp98.864) untuk meningkatkan kesehatan jantung, mata, serta fungsi otak.

3. Mencegah Asma

Beberapa ahli percaya kalau radikal bebas turut andil dalam berkembangnya penyakit asma. Karenanya, kehadiran antioksidan di dalam paru-paru bisa mencegah penyebaran radikal bebas tersebut. Semangka pun jadi salah satu sumber antioksidan utama yang terdapat pada vitamin C.

Itu tadi manfaat semangka yang baik dikonsumsi untuk tubuh. Untuk mendapatkan semangka aneka jenis tersebut Anda dapat membelinya di TaniHub. Tak hanya menyediakan varian semangka yang lengkap, di platform ini Anda juga akan mendapatkan semangka dengan kualitas terbaik langsung dari petani. Jadi dijamin semangka yang akan Anda terima dalam kondisi segar.

Selain itu, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Yuk belanja di TaniHub, cukup kunjungi websitenya di https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore!