Wajib Diketahui Cara Untuk Mendaftar Asuransi Kendaraan

Tidak banyak orang yang tau apa saja manfaat dari mendaftar asuransi kendaraan. Hal ini bisa terjadi karena kebanyakan orang hanya membeli kendaraan saja tanpa perlu mempertimbangkan untuk mendaftarkan asuransi. Padahal banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari ikut mendaftar asuransi.

Adanya asuransi tentunya akan memberikan kemudahan untuk anda. Asuransi mobil layaknya asuransi kesehatan yang memiliki fungsi dan keuntungan sama. Karena apabila kendaraan anda mengalami kerusakan ataupun kehilangan sepenuhnya. Maka hal tersebut bisa dijamin oleh pihak asuransi yang terkait. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir lagi dengan kendaraan anda. Mendaftar asuransi sangatlah mudah, untuk itu ikutilah langkah berikut ini.

1. Pastikan Mencari Informasi Yang Benar

Langkah awal yang harus anda lakukan untuk mendaftarkan asuransi kendaraan adalah dengan mencari informasi mengenai jasa asuransi. Ada berbagai macam perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Untuk itu anda harus mencari informasi untuk mengetahui keuntungan yang bisa anda dapatkan apabila memakai asuransi tersebut.

2. Memilih Perusahaan Asuransi

Setelah mengetahui informasi terkait beberapa perusahaan asuransi. Maka sudah saatnya ada memilih dan menentukan perusahaan mana yang nantinya anda gunakan jasanya. Pastikan anda memilih setelah melakukan beberapa pertimbangan. Sehingga nantinya anda tidak akan menyesal telah memilih perusahaan asuransi tersebut.

Saat memilih perusahaan asuransi, pastikan anda telah mencari informasi yang mendetail akan perusahaan tersebut. Karena tidak sedikit perusahaan asuransi yang tidak baik dan nantinya bisa merugikan anda. Oleh karena itu anda harus memastikan untuk memilih perusahaan yang tepat.

3. Memilih Asuransi Dengan Jenis Yang Sesuai

Apabila anda telah menentukan perusahaan asuransi. Hal berikutnya yang harus anda lakukan adalah memilih jenis dari asuransi tersebut. Pada saat memilih jenis asuransi, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai anda memilih asuransi yang memiliki nilai premi yang tinggi namun bisa memberatkan anda dan membuat keuangan anda tidak stabil.

4. Melengkapi Dokumen

Langkah berikutnya anda akan diminta untuk melengkapi dokumen. Untuk itu anda harus mengisi dan juga melengkapi dokumen yang telah diminta oleh pihak asuransi  tersebut. Dokumen yang diminta biasanya terdiri dari formulir pendaftaran, fotocopy STNK dan KTP, kemudian juga SIM dan NPWP. Pastikan anda mengisi dokumen dengan benar.

5. Menyurvei Kendaraan

Apabila semua kelengkapan dokumen sudah terpenuhi, maka pihak asuransi akan mulai mensurvei kendaraan anda. Hal ini dilakukan untuk memastikan kendaraan anda dalam kondisi yang baik. Hasil dari survei ini akan dimasukkan ke dalam laporan survei.

6. Membuat Polis Asuransi

Polis dilakukan untuk mengetahui persyaratan dan juga kebijakan yang diberikan oleh pihak asuransi kendaraan. Selain itu anda juga bisa mulai melakukan kesepakatan yang nantinya bisa menguntungkan anda. Polis yang dibuat juga bisa menyangkut tentang jumlah premi yang harus dibayarkan, cara mengklaim asuransi dan lain sebagainya.

7. Melakukan Pembayaran Premi

Langkah akhir yang perlu anda lakukan adalah membayarkan premi yang sebelumnya telah disepakati. Untuk pembayaran premi bisa dilakukan di perusahaan asuransi tersebut ataupun melalui transfer bank. Biasanya pembayaran premi dilakukan setiap bulannya sesuai dengan ketentuannya.

Itulah beberapa cara yang cukup mudah untuk mendaftar asuransi kendaraan. Hal ini perlu anda lakukan agar kendaraan anda memiliki jaminan saat mengalami hal yang tidak terduga. Seperti terjadinya kecelakaan maupun kehilangan kendaraan anda secara utuh. Untuk pembelian asuransi terbaik bisa anda lakukan pada platform Lifepal. Di Lifepal anda bisa mendapatkan promo menarik untuk pembelian asuransi yaitu cashback sebanyak 25%.