Pilihan Material Desain Dapur dengan Biaya Murah

Sebagian kalangan menganggap bahwa renovasi rumah terutama bagian dapur memerlukan biaya yang besar. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah karena kebutuhan material yang berkualitas dalam renovasi dapur akan menentukan kenyamanan dapur itu sendiri.

Ada banyak material yang diperlukan untuk mendapatkan dapur yang nyaman dan juga cantik dari segi desain. Material ini juga akan berpengaruh terhadap besaran biaya yang akan dikeluarkan untuk renovasi.

Anda tidak perlu takut untuk melakukan renovasi dapur. Anda juga dapat menekan biaya renovasi dengan pemilihan material yang berkualitas namun dengan harga yang ramah di kantong.

Di pasaran, banyak tersedia pilihan material pembuat kabinet dapur. Anda harus cermat dalam memilih material tersebut. Dan tidak kalah pentingnya, Anda harus mengetahui karakteristik dari setiap bahan pembuat kabinet dapur. Informasi tersebut akan membantu Anda membuat anggaran biaya renovasi yang sesuai kebutuhan.

Material Kabinet

Ada banyak pilihan jenis papan kayu di pasaran yang dapat digunakan untuk membuat desain kitchen set. Mulai dari MDF (Medium Density Fiberboard), multipleks/plywood, hingga blockboard merupakan jenis material pembuat kabinet.

Untuk mendapatkan kabinet yang kuat dan awet, Anda bisa memilih material plywood sebagai bahan material pembuatnya. Sedangkan bagi yang mempunyai budget pas-pasan bisa memilih menggunakan material blockboard. Material blockboard juga cocok digunakan untuk membuat kitchen set.

Table Top

Table top merupakan salah satu bagian kitchen set yang berfungsi sebagai tempat / meja untuk melakukan persiapan memasak. Keseluruhan tampilan kitchen set terkadang ditentukan oleh material dari pembuatan table top.

Material yang digunakan untuk membuat table top harus mempunyai struktur yang kuat, tahan panas dan air, anti-gores, serta mempunyai permukaan yang mudah untuk dibersihkan.

Di pasaran terdapat banyak pilihan material table top, seperti granit, marmer, maupun keramik. Untuk mendapatkan table top yang kuat, Anda bisa memilih material granit. Tidak hanya kuat, granit juga memiliki pilihan motif serta warna yang cukup beragam. Namun, harga granit termasuk material yang tergolong lebih mahal dari jenis material pembuat table top lainnya.

Bila Anda ingin menekan biaya budget renovasi dapur, Anda bisa mengganti material granit dengan memilih menggunakan material homogenous tile. Motifnya juga tidak kalah dari granit. Anda dapat memilih motif yang sesuai dengan desain dapur secara menyeluruh.

Backsplash

Bagian backsplash merupakan bagian dinding antara kabinet atas dengan bagian bawah atau table top. Bagian backsplash merupakan bagian yang pertama kali dilihat saat mengamati sebuah dapur. Oleh karena itu, pemilihan material backsplash sangat penting untuk menentukan desain menyeluruh dari kitchen set.

Untuk bagian backsplash, Anda bisa memilih material keramik maupun mozaik yang sedang naik daun dalam penggunaannya. Kedua material tersebut merupakan material yang tahan terhadap air dan suhu panas. Selain itu, material keramik maupun mozaik mempunyai pilihan motif yang indah dan beragam.

Finishing

Finishing dapat melindungi bahan dasar kitchen set dari kerusakan. Selain itu, finishing juga dapat membuat kitchen set terlihat lebih indah. Banyak orang yang menggunakan material HPL (High Pressure Laminate) sebagai finishing.

Banyak motif serta warna HPL (High Pressure Laminate) yang dapat Anda pilih sesuai dengan dapur rumah. HPL mempunyai warna alami kayu dan guratan yang khas. Tidak heran jika memilih material HPL sebagai finishing akan menciptakan kesan alami pada dapur. Hanya saja, warna pada lapisan HPL akan cepat memudar dalam kurun waktu beberapa lama.